menjadi programmer handal ala Qtasnim

Mau Jadi Programmer Handal? Pelajari 5 Hal ini

Banyak orang di luaran sana yang mengatakan bahwa berkarir di dunia itu sulit dan rumit. Apakah Anda termasuk orang yang setuju dengan pernyataan tersebut?

Berkarir terlepas dari bidang apa pun itu, baik dokter, guru, programmer, dsb pasti memiliki dua sisi, pertama mudah karena dukungan semangat dan tekad yang kuat. Kedua sulit karena kita sendiri yang memperumitnya, misalnya dengan bermalas-malasan saat kuliah atau saat memulai karir.

Dunia IT sangat luas, bahkan di era milenial dan digital seperti sekarang ini dukungan IT (Teknologi Informasi) telah menyentuh hampir seluruh bagian kehidupan manusia. Media sosial, grafis dan animasi, digital marketing, sistem informasi enterprise, aplikasi mobile, e-commerce bahkan  marketplace pun sudah berbasis Teknologi Informasi sehingga semakin memudahkan kehidupan manusia.

Tahukan Anda bahwa di balik semua produk Teknologi Informasi yang kita gunakan saat ini ternyata  ada para expert yang dengan ketekunan mereka berkarir di dunia IT telah mengasilkan terobosan-terobosan baru di dunia digital. Salah satunya Khoirul Anwar, ia mengerjakan konsep dasar dengan dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, yang dipakai dalam 4G uplink.

Ada lagi Ryan Gondokusumo yang merupakan founder Sribu.com, sebuah website yang bertujuan memberikan layanan bagi perusahaan dalam mencari desain untuk branding, serta memberikan kesempatan bagi desainer untuk memberikan hasil karya terbaiknya.

Siapa pun yang bertekad menjadi seorang ekspert dalam dunia programming harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak mudah menyerah, siap dengan masalah dan tantangan baru, dan sangat dianjurkan untuk memperbanyak relasi.

Nah berikut ini ada 5 pelajaran penting yang bisa kita petik hikmahnya dari para expert programming, mari kita simak:

Manfaatkan Masa Kuliah Semaksimal Mungkin untuk Belajar

Banyak orang yang menyesal kemudian karena tidak memaksimalkan masa kuliahnya untuk mengasah kemampuan programming. Bahkan mayoritas ilmu praktis di dunia programming yang dimiliki umumnya diperoleh setelah lulus kuliah. Namun bukan berarti di bangku kuliah seseorang tidak mendapatkan ilmu apa-apa, hanya saja ilmu yang didapatkan semasa kuliah itu masih sebatas teori dan belum terbayangkan bagaimana praktik sesungguhnya di dunia kerja.

Banyak orang yang menyesal kemudian karena tidak memaksimalkan masa kuliahnya untuk mengasah kemampuan “programming.”

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Paradigma belajar yang sesungguhnya adalah belajar yang berlangsung seumur hidup dan tidak hanya terbatas di bangku sekolah dan kuliah. Jika seseorang telah dinyatakan lulus S1 atau bahkan S2, proses belajar tidak terhenti sampai di situ. Jika kita ingin serius meniti karir di dunia IT terkhusus programming maka berusahalah untuk terus belajar hal-hal baru di bidang teknologi baik yang terkait erat dengan pekerjaan di kantor maupun yang tidak.

Beberapa tahun terakhir dan beberapa tahun mendatang teknologi semakin berkembang pesat, apabila kita tidak mengikutinya maka kita akan semakin tertinggal. Tentu akan lebih baik jika kita mampu meluangkan waktu untuk mencobanya atau riset, baik sekedar latihan dengan cara mengikuti tutorial maupun membuat project sampingan untuk mengasah skill yang terkait dengan teknologi tersebut.

Bersiaplah Menghadapi Segala Tantangan

via pexels.com

Era digital diiringi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan tuntutan pasar, dengan demikian dunia IT sendiri menjadi semakin kompleks. Lalu bagaimana? Mau atau tidak kita dituntut untuk siap menghadapi berbagai tantangan yang ada. Jadikan tantangan sebagai sarana yang tepat untuk melatih diri menghadapi dan menyelesaikan masalah. Misalnya menghadapi user sampai dengan menangani eror. Lalu apa yang terjadi jika seseorang tidak siap menghadapi tantangan pekerjaan yang tak kunjung usai? Sangat disayangkan sebab keberhasilan itu pada umumnya berada di balik peluang yang tertutupi oleh hambatan dan rintangan sebagai bumbu penyedapnya.

Pahami Konsep-Konsep Dasar Secara Utuh

Seseorang yang ekspert ternyata dilatarbelakangi oleh sebuah konsep belajar untuk memahami konsep-konsep dasar dari tools dan teknologi yang digunakan. Bukan hanya sekedar tahu. Hal ini sejalan dengan cara belajar Elon Musk, yaitu memahami prinsip dasar mengenai cara kerja sesuatu. Seseorang yang mempelajari sesuatu hanya di permukaannya, maka hanya sebatas tahu saja. Untuk menunjang kemajuan profesi di dunia programming sangat dianjurkan untuk aktif bergabung dengan komunitas programming yang menyediakan sejumlah informasi, studi kasus, bahkan berbagai problem solving yang didiskusikan bersama-sama.

Seseorang yang ekspert ternyata dilatarbelakangi oleh sebuah konsep belajar untuk memahami konsep-konsep dasar dari tools dan teknologi yang digunakan. Bukan hanya sekedar tahu. Hal ini sejalan dengan cara belajar Elon Musk, yaitu memahami prinsip dasar mengenai cara kerja sesuatu. Seseorang yang mempelajari sesuatu hanya di permukaannya, maka hanya sebatas tahu saja. Untuk menunjang kemajuan profesi di dunia programming sangat dianjurkan untuk aktif bergabung dengan komunitas programming yang menyediakan sejumlah informasi, studi kasus, bahkan berbagai problem solving yang didiskusikan bersama-sama.

Fokus

Mayoritas orang cenderung kesulitan untuk melakukan dan menuju sesuatu yang diinginkan dengan benar-benar fokus. Tatkala ingin mengambil pilihan untuk memperdalam skill a, di pertengahan jalan justru tergoda oleh pilihan b, c, dan d. Alhasil di bidang a tidak ekspert, apalagi di bidang b, c, dan d. Jika kita benar-benar ingin menjadi seorang programmer atau berkarir di dunia IT maka dibutuhkan fokus. Berkarir di dunia IT sendiri pun sangat beragam, kita bisa menjadi seorang programmer, analis sistem, solution architecture, dsb.

Apapun pilihannya alangkah baiknya didukung oleh skill programming maka karir di industri IT dipastikan semakin cemerlang. Fokus pada mengasah skill baik hard skill yang disertai soft skill sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karirnya. Satu lagi, tidak ada salahnya untuk memulai mengasah bahasa Inggris karena di dunia IT pada umumnya sangat bersinggungan dengan bahasa internasional ini.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website